Gedung FU, Ushul News – Menjelang perkuliahan aktif Semester Genap, Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Rapat Dosen Persiapan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, dihelat secara daring melalui zoom meeting dan luring (offline) di Ruang Pertemuan Lantai 4 gedung FU UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Kamis, (18/02/2021).

Rapat dosen yang dirangkai dengan agenda ‘Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021’ ini dihadiri Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Yusuf Rahman, MA, penyambutan ini dihadiri Wakil Dekan I Bidang Akademik Kusmana, MA, Ph.D, Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Umum Dr. Lilik Ummi Kaltsum, MA, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Edwin Syarip, M.Ag, Kaprodi Studi Agama-Agama Syaiful Azmi, MA dan Sekprodi Lisfa Aisyah Sentosa, MA, Kaprodi Aqidah dan Filsafat Islam Dra. Tien Rohmatin, M.Ag dan Sekprodi Dra. Banun Binaningrum, M.Pd, Kaprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Dr. Eva Nugraha, M.Ag dan Sekprodi Fahrizal Mahdi, MIRKH, Kaprodi Ilmu Hadis Dr. Rifqi Muhammad Fatkhi, MA dan Sekprodi Dr. Abdul Hakim Wahid, MA, Kaprodi Ilmu Tasawuf Ala’i Nadjib, MA dan Sekrodi Aktobi Ghozali, MA, Kepala Program Magister (S2) Dr. Bustamin, SE, M.Si dan Sekprodi Dr. Ahmad Fudhaili, M.Ag, Gugus Jaminan Mutu (GJM) Syahrullah Iskandar, MA, segenap pejabat struktural dan para dosen FU UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Membuka rapat dosen, Kepala Bagian Tata Usaha FU, Dra. Lily Fakhriyah, selaku moderator menyapa segenap dosen yang hadir baik luring maupun daring.

“Alhamdulillah kita semua bisa berkumpul dalam kesempatan ini. Semoga hari ini menjadi awal yang baik kita untuk bisa menjalankan perkuliahan semester genap Tahun Akademik 2020/2021 dengan baik dan lancar. Agenda rapat kali ini, pertama evaluasi perkuliahan semester lalu, yang dilanjutkan dengan pembahasan persiapan perkuliahan semester depan,” katanya.

Mengawali sambutannya, Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Yusuf Rahman, MA, menyampaikan terkait evaluasi proses belajar mengajar di semester gasal kemarin. Ia berharap, pada semester ini para dosen bisa mengajar dengan maksimal meskipun perkuliahan masih dilaksanakan secara daring.

“Untuk semester genap ini berdasarkan data yang ada di AIS, ada 100 mata kuliah yang ditawarkan di FU, sudah termasuk KKN, skripsi, ujian komprehensif, dan tesis. Diampu oleh 87 dosen, ditambah ada 5 dosen CPNS yang 4 orang ditempatkan di FU dan 1 orang di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta. Dosen tetap FU ada 68, ini sudah termasuk dosen NIDK,” ujarnya.

Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kusmana, MA, Ph.D mengatakan, meski tengah berada pada situasi yang sulit, FU sudah menyediakan sejumlah kegiatan akademik.

“Kami sudah menyediakan sejumlah kegiatan akademik yang banyak sekali, yang intinya, dana yang ada bukan untuk kita, tetapi untuk substansi kegiatan itu sendiri. Kita tidak mengurangi semangat untuk mengembangkan perkembangan akademik dengan berbagai kegiatan yang positif. Ini semua menjadi komitmen kami untuk selalu memfasilitasi berbagai perkembangan, dan ini memerlukan kerja keras dari semuanya,” papar Kusmana.

“Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu setiap dosen harus meningkatkan kapabilitas dan transformasi keilmuannya,” imbuh dia.

Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Umum, Dr. Lilik Ummi Kaltsum, MA, memaparkan data Indikator Kinerja Utama (IKU) FU tahun 2020, di antaranya terkait persentase lulusan, ketersediaan anggaran konferensi internasional, prosiding internasional terindeks, research fellowship dan data dosen FU.

“Selain itu, tahun ini kita mendapatkan hadiah zoom meeting dari rektorat. FU mendapatkan 85 akun zoom education. Kami juga bisa membantu para dosen untuk penerbitan buku. Silahkan didaftarkan saja bila punya buku yang siap terbit,” pungkasnya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Edwin Syarip, M.Ag dalam pemaparannya menjelaskan terkait bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama.

“Untuk kemahasiswaan, kami sudah melaksanakan pelantikan Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). Untuk alumni, pengurus lama IKALFU sudah berakhir, dan saat ini sedang dipersiapkan pemilihan pengurus besar IKALFU, yang rencananya akan dilaksananya pada Sabtu, 6 Maret 2021. Kita juga sudah menyiapkan program Ushuluddin Scholarship. Dan terakhir, kerjasama. Kita sudah melakukan kerjasama dengan lembaga wirausaha wirabangsa, untuk membina para mahasiswa kita untuk menjadi pengusaha. Selain itu, ada juga kerjasama dengan FKUB, sudah berkomitmen untuk membuat dan melakukan beberapa program kegiatan, juga ada kerjasama dengan Baznas DKI, dan LSAF,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Masri Mansoer, M.Ag melalui zoom meeting menjelaskan terkait Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, program Permatasari dan pentingnya setiap fakultas dan program studi untuk memperbaiki predikat akreditasi.

Acara dilanjutkan dengan proses diskusi dari para Kaprodi, Sekprodi dan para dosen dengan membahas terkait sharing dan evaluasi terkait problem dan kendala selama proses belajar mengajar, dan rencana pembelajaran yang akan berjalan. (man)