Agenda hari kedua diawali dengan senam Zumba di lapangan Puteri Gunung Hotel yang dihadiri oleh suluruh civitas academica dilanjutkan dengan sarapan hingga pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan raker mulai dari pukul 09.00 hingga 12.30 WIB. Pada kali ini agenda dibagi menjadi dua ruangan. Ruang pertama adalah pembahasan materi dan simulasi tentang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan pemateri Dr. H. Rudi Ahmad Suryadi, S.Pd.I, M.Ag, dan ruangan kedua membahas tentang bidang administrasi bersama dengan pegawai Pusat Toknologi Informasi dan Pangkalan Data (Pustipanda) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat, salat, dan makan hingga 13.30 WIB. Kemudian di ruang pertama kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai e-letter oleh pegawai Pustipanda yang dihadiri oleh seluruh ketua dan sekretaris program studi FU. Sedangkan kegiatan kedua melanjutkan pembahasan sebelumnya hingga 15.30 WIB. Setelah itu istiraha, dan salat hingga 16.00 WIB.

Seusai istirahat, seluruh dosen FU berkumpul berdasarkan jurusan masing-masing untuk merumuskan CPL di setiap jurusan, yakni Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ilmu Hadis (IH), Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Studi Agama-agama (SAA), dan Ilmu Tasawuf (IT). Perumusan ini hingga pukul 18.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan istirahat, salat, dan makan hingga 19.30 WIB.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan materi dan simulasi Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dengan pemateri Dr. H. Rudi Ahmad Suryadi, S.Pd.I, M.Ag dimulai pukul 19.30 hingga 22.00 WIB.

Pada pukul 22.00 hingga 22.30 WIB, Raker FU 2019 resmi ditutup oleh seluruh pihak Dekanat. Dalam hal ini seluruh wakil dekan FU memberikan kata sambutan. Wakil Dekan Bidang Akademik Kusmana, MA, Ph.D membahas beberapa poin mengenai kelas akselerasi, kerjasama akademik dengan universitas Malaysia, dan kegiatan kerjasama dengan universitas lain di Indonesia.

“Sudah ada obrolan mengenai kerjasama kita dengan universitas di Malaysia. Sekarang kita tinggal rumuskan dan bahas sama-sama. Semoga nanti kita bisa melanjutkan pembahasan ini di pertemuan-pertemuan selanjutnya,” ungkap beliau.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Media Zainul Bahri, MA memaparkan beberapa capaian, dan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh FU seperti reuni akbar seluruh alumni FU mulai dari angkatan pertama hingga terakhir.

“Nanti kita rencananya akan mengadakan reuni akbar. Nanti kita akan undang semua alumni Fakultas Ushuluddin mulai dari angkatan pertama hingga terakhir yang bisa kita hubungi,” jelas beliau.

Sedangkan Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Lilik Ummi Kaltsum, MA menjelaskan beberapa hal yang telah dibahas dalam raker mengenai pelayanan admistrasi seperti pembuatan e-letter.

 

(yd/zm)