Gedung FU, Ushul News – Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selalu berkomitmen untuk terus mewujudkan harapan dan cita-cita para mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan studinya tepat waktu. Demikian dikatakan Wakil Dekan Bidang Akademik, Kusmana, ketika membuka acara ‘Sosialisasi Penyelesaian Studi Mahasiswa S1 Angkatan 2014 dan S2 Angkatan 2017’ yang digelar secara virtual via zoom meeting. Kamis (11/02/2021)

Kusmana mengatakan, forum ini untuk merecharge para mahasiswa yang masih memiliki semangat untuk menyelesaikan studinya, yang selama ini mengalami ‘kemandekan’ dalam prosesnya.

“Mari kita bersama-sama melanjutkan harapan dari para orang tua. Kami kumpulkan mahasiswa di sini, untuk mendorong dan memastikan harapan dan cita-cita mahasiswa untuk menjadi sarjana. Program percepatan ini, jangan diartikan sebagai kemudahan, jangan pula diartikan sebagai kelonggaran. Percepatan kita artikan sebagai proses serius, objektif, ilmiah, tetap melalui prosedur-prosedur yang baku, dan meminta kalian terus bekerja keras dan sungguh-sungguh untuk fokus pada studi kalian, agar bisa segera lulus,” jelas Kusmana

“Jangan sampai masa-masa yang sudah kalian lalui ini menjadi sia-sia. Di awal-awal studi kalian mengikuti proses kuliah dengan baik, tapi diujung kehabisan tenaga. Untuk itu mari tetap semangat dan terus berupaya mencari solusi terbaik. Di sini nanti akan ada sejumlah informasi dan arahan dari pak dekan dan para pimpinan prodi masing-masing,” tambahnya

Dekan Fakultas Ushuluddin, Yusuf Rahman, M.A memaparkan beberapa persoalan yang muncul bagi para mahasiswa yang kesulitan menyelesaikan studinya.

“Kami sudah meminta kepada prodi untuk mencatat dan menyampaikan progres berdasarkan data terkait dengan progres studi para mahasiswa. Kita inventarisasi apa dan bagaimana problem yang dihadapi oleh para mahasiswa. Sejauh ini memang ada beberapa kendala, mulai dari kendala nilai, jarak, mandeknya bimbingan tugas akhir. Ada juga terkait dengan keuangan. Saya mendapatkan data bahwa teman-teman angkatan Anda sudah banyak yang lulus, dan kami semua berharap Anda semua juga bisa lulus,” paparnya

Setelah pertemuan ini, ia melanjutkan, FU akan menjalankan berbagai kegiatan untuk percepatan dan pendampingan bagaimana menyelesaikan studi Anda semua

“Intinya adalah kami ingin Anda semua menyelesaikan studi di FU. Mulai hari ini kita genjot berdasarkan data terkait semua problem-problem yang ada, apa yang bisa kita bantu dan mencari solusi bersama. Bisa dimulai dari sini. Berdasarkan masukan-masukan dari prodi masing-masing, kita akan cari kebijakan bagaimana menyiasati problem-problem ini,” imbuhnya.

Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Umum, Lilik Ummi Kaltsum menjelaskan, ini adalah hadiah dari fakultas, untuk mencari cara bagaimana caranya agar mahasiswa bisa lulus.

“Salah satu problem misalnya, jika berdasarkan data dari prodi kalian sudah tidak dimungkinkan untuk menyelesaikan studi, lebih baik dilakukan langkah pengunduran diri, agar tidak mendapat status di-DO-kan. DO akan memberatkan dan menjelekkan nama baik, bukan hanya untuk mahasiswa, tetapi juga untuk fakultas dan universitas karena akan menjadi catatan dan image buruk,” ujar dia.

“Kepada para mahasiswa, gunakan kesempatan yang baik ini untuk bersama-sama mencari solusi terbaik, agar kami dari fakultas bisa memberikan bantuan secara maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Edwin Syarip, menyoroti proses komunikasi antara pihak kampus dengan mahasiswa untuk tetap memperhatikan kesantunan bahasa.

“Mari tetap jaga komunikasi yang baik, dengan bahasa yang santun dan memperhatikan etiket dalam berkomunikasi, terutama dengan para pembimbing. Kelulusan kalian semua adalah konsekuensi bahagia bagi Anda dan keluarga. Harapan dari saya, niat baik dan kesempatan dari para pimpinan ini bisa Anda gunakan sebaik-baiknya,” katanya.

Selanjutnya, dalam sosialisasi ini dipaparkan berbagai data terkait progres studi dan problem administrasi oleh para Kepala Prodi dan Sekretarisnya, serta sharing problem terkait apa dan bagaimana problem-problem yang dihadapi dari masing-masing mahasiswa.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Yusuf Rahman, Wakil Dekan Bidang Akademik Kusmana, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Umum Lilik Ummi Kaltsum, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Edwin Syarip, Ketua Program Magister Fakultas Ushuluddin Bustamin, para Kepala Prodi dan Sekretaris Prodi, para pejabat struktural Fakultas Ushuluddin, dosen, mahasiswa FU angkatan 2014 dan mahasiswa program Magister angkatan 2017. (man)