Gedung FU – Ushul_News. Sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, 3-4 Februari 2021, tim asesor BAN-PT telah melakukan asesmen lapangan untuk proses akreditasi Prodi Magister Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Syarif Hidayatullah. Kegiatan asesmen online (daring) yang dihelat di Ruang Pertemuan Lantai 4 gedung FU, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, ini berjalan dengan lancar. Kamis, (04/02/2021).

Pembukaan dimulai di hari pertama, Rabu (3/2/2021) dengan presentasi dan penilaian untuk Borang fakultas dan prodi, yang kemudian esok harinya dilanjutkan dengan wawancara antara para asesor dengan mahasiswa, alumni dan pengguna alumni sekaligus penutupan, Kamis (4/2/2021).

Asesor BAN-PT, Dr. Alim Roswantoro, M.Ag dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengapresiasi kinerja tim akreditasi Prodi Magister SAA yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. Yusuf Rahman, MA.

“Alhamdulillah kegiatan asesmen lapangan ini telah selesai dan berjalan sesuai harapan. Visi misi Prodi Magister SAA sudah sangat jelas, hasil borang sudah sangat baik dan komprehensif. Namun tetap ada beberapa catatan yang masih perlu diperbaiki dan segera disempurnakan di beberapa bagian, terutama dalam hal ciri khas yang menunjukkan bahwa Prodi Magister SAA Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah berbeda dengan SAA di kampus lain,” paparnya.

“Secara akademik, perlu dilakukan peninjauan secara berkala dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan agar tidak ketinggalan zaman. Semua hal perlu didukung dengan sistem dan program terstruktur untuk menuju capaian yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan akhirnya, terima kasih sekali lagi, karena Pak Dekan bersama tim sudah bersedia mengikuti kegiatan asesmen lapangan ini dari awal hingga selesai,” imbuhnya

Sementara itu, Prof. Drs. M. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengatakan, kalimat rekomendasi yang diberikan bukan untuk menunjukkan kekurangan.

“Semua kalimat rekomendasi dari kami itu bukan merupakan kekurangan dari Prodi Magister SAA ini, tetapi beberapa poin rekomendasi tadi bertujuan sebagai bahan dan rujukan bagi Prodi Magister SAA untuk bisa menyempurnakan hal-hal yang masih perlu diperbaiki,” pungkasnya.

Penting juga prodi SAA ini, Ia menambahkan, untuk memperhatikan market di masyarakat.

“Market di masyarakat perlu juga untuk diperhatikan, ini adalah konsekuensi logis dari Pak Dekan dan jajarannya untuk meningkatkan animo masyarakat untuk lebih tergoda bergabung dan studi di prodi SAA ini. Juga harus bisa membuka peluang untuk mereka, bahwa banyak peran yang bisa diandalkan di kehidupan masyarakat, terutama di dunia kerja,” tandasnya

“Mudah-mudahan, pertemuan kita dari awal hingga selesai ini mendapat ridho Allah, dan Prodi Magister SAA ini mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai yang diharapkan,” imbuhnya

Dekan Fakultas Ushuluddin Yusuf Rahman mengucapkan terima kasih kepada para asesor dan semua jajaran yang sudah bersedia bekerja bersama menyiapkan berbagai hal untuk kegiatan asesmen lapangan ini.

“Kami berterima kasih kepada asesor atas semua bimbingan yang telah diberikan kepada kami demi perbaikan dan kemajuan Prodi Magister SAA. Kami mengakui masih banyak hal yang perlu diperbaiki di beberapa bagian, dan setelah ini kami akan terus berusaha menyempurnakannya,” jelasnya

“Terima kasih juga para jajaran pimpinan FU, yang sudah bersedia ikut kerja lembur sedari awal, kepada mahasiswa, para dosen Magister SAA, alumni dan stakeholder yang telah berkenan hadir dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan asesmen lapangan daring ini, semoga  hasil yang diperoleh maksimal dan sesuai dengan harapan,” imbuhnya

Kegiatan penutupan asesmen lapangan via daring di hari kedua ini dihadiri juga oleh Wadek Bidang Akademik Kusmana, MA, Ph.D, Wadek Bidang Administrasi dan Umum Dr. Lilik Ummi Kaltsum, MA, Wadek Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Edwin Syarip, M.Ag, Ketua Program Magister Dr. Bustamin, SE, M.Si, Sekprodi Dr. Ahmad Fudhaili, M.Ag, GJM Syahrullah, para pejabat struktural Fakultas Ushuluddin, dosen, stakeholder, mahasiswa dan alumni. (man/m.nts)