FU Kembali Buka Call for Papers Seminar Nasional

Dalam rangka meningkatkan tradisi akademik, Fakultas Ushuluddin (FU) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta membuka call for papers untuk kegiatan Seminar Nasional Kajian Islam Fakultas Ushuluddin (SNKIFU) dengan tema Aktualisasi Pemikiran Islam dalam Mengatasi Problematika Bangsa.

Seminar ini terbagi menjadi dua bentuk. Pertama sesi panel yang akan diisi oleh pemateri utama. Sesi ini akan menghadirkan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, Lc., M.A. sebagai keynote speaker. Sementara itu, sesi kedua yakni sesi pararel. Sesi ini akan disampaikan oleh peserta call for papers terpilih sesuai dengan subtema.

Adapun pembicara utama dalam sesi panel yakni 1) Pipip Ahmad Rifa’i Hasan, M.A., Ph.D., 2) Dr. Budhy Munawar-Rachman, 3) Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, M.A., 4) Dr. Mukti Ali Qusyairi, 5) Dr. Faqihuddin Abdul Qadir, 6) Lies Marcoes, 7) Dekan Fakultas Ushuluddin (FU) Dr. Yusuf Rahman, M.A., dan 8) Wakil Dekan I Bidang Akademik FU Kusmana, M.A., Ph.D.

Ketua Pelaksana Seminar Nasional Kajian Islam Fakultas Ushuluddin (SNKIFU) Dra. Tien Rohmatin, M.A. mengatakan, semua narasumber telah menyanggupi hadir dalam kegiatan ini. Lebih lanjut beliau menambahkan, beberapa hari sebelum pelaksanaan semua pemateri akan dikonfirmasi kembali.

“Kemudian, TOR untuk narasumber sudah. Tinggal kita konfirmasi ulang ke mereka untuk kehadiran nanti,” kata beliau saat rapat di Ruang Ketua Prodi FU pada Kamis (26/9/2019).

Seminar Nasional Kajian Islam Fakultas Ushuluddin (SNKIFU) ini rencananya akan digelar di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Selasa (22/10/2019) dan gedung Fakultas Ushuluddin pada Rabu (23/10/2019). Sesi pertama, yakni sesi panel, akan digelar mulai dari pagi hingga siang, kemudian sesi kedua, yakni sesi pararel, akan dilaksanakan mulai dari siang hingga sore.

Subtema atau bidang kajian call for papers kegiatan ini adalah 1) Kajian Islam di Indonesia dan Timur Tengah, 2) Isu Radikalisme, 3) Teologi Agama, 4) Demokrasi dan Pluralisme, 5) Kajian Sumber Agama, 6) Politik Perbedaan: Etnis, Suku, dan Gender, 7) Sufisme, 8) Filsafat Islam, 9) Identitas dan Budaya, 10) Metodologi Kajian Islam.

Papers dikirim melalui email snkifu@uinjkt.ac.id dengan batas akhir pengiriman tanggal 10 Oktober 2019. Sementara pengumuman dan undangan papers terpilih pada tanggal 11-14 Oktober 2019. Untuk informasi lengkap tentang kegiatan dapat menghubungi 082112016126 atau 082298440653.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FU Kusmana, Ph.D. mengatakan, dengan adanya call for papers ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada para peserta yang terpilih nanti.

“Yang ingin saya tekankan, kenapa ini call for paper. Saya ingin semakin banyak orang yang memiliki pengalaman di dunia akademis ini. Baik mahasiswa ataupun dosen,” tandasnya.

(yud/zham)