FU dan PSQ Adakan Diskusi Buku Tafsir al-Mishbah dalam Sorotan

Moderator pada kegiatan kali ini adalah Ketua Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Dr. Eva Nugraha, M.Ag. Sedangkan pemateri dalam diskusi kali ini adalah Penulis Buku Tafsir al-Mishbah dalam Sorotan Dr. Afrizal Nur, MIS., Dewan Pakar PSQ Dr. Muchlis Hanafi, MA., Dosen Universitas Muhamadiyah Prof. Hamka Dr. Izza Rahman, MA.

Dr. Eva Nugraha, M.Ag. mengatakan, karya-karya yang membahas tentang Tafsir al-Mishbah karya Prof. Quraish Shihab sudah sangat banyak. Hal ini menunjukkan kapasitas Prof. Quraish Shihab sebagai seorang penafsir.

“Karya yang membahas Tafsir al-Mishab sudah sangat banyak,” ungkap beliau.

Dr. Afrizal Nur, MIS. menjelaskan, buku Tafsir al-Mishbah dalam Sorotan adalah buku yang berasal dari disertasii beliau. Beliau mengakui bahwa sudah sangat banyak karya yang membahas tentang Tafsir al-Mishbah. Menurut beliau Tafsir al-Mishbah bukan hanya dibaca oleh masyarakat akademisi, melainkan lebih banyak masyarakat awam yang tertarik untuk membacanya.

“Tafsir ini tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat kampus. Justru masyarakat awam yang lebih tertarik membeli tafsir ini,” papar beliau.

Sementara itu, Dr. Muchlis Hanafi, MA. memaparkan tulisan beliau berupa surat terbuka untuk penulis buku Tafsir al-Mishbah dalam Sorotan. Surat tersebut berisi catatan-catatan atas buku Tafsir al-Mishbah dalam Sorotan.

Menurut Dr. Muchlis Hanafi, MA. setidaknya ada dua catatan besar terkait dengan buku tersebut. Pertema terkait aspek metodologi. Kedua terkait aspek substansi.

“Terkait dengan metodologi misalnya dalam buku ini dikatakan Tafsir al-Mishbah tidak ada rujukan Ibnu Katsir, al’Sa’di, dan lain sebagainya maka dikatakan salah. Mengapa menilai Prof. Quraish dengan membandingkan dengan yang lainnya?” papar beliau.

(yd/zm)