FU Adakan Pengenalan Akademik Program Magister (S2) Angkatan 2019

Fakultas Ushuluddin (FU) mengadakan acara Pengenalan Akademik Program Magister (S2) Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta 2019 di Ruang Teater Prof. Dr. H.A.R. Partosentono pada Rabu (18/9/2019). Kegiatan ini dimulai pukul 13.30 hingga 15.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. Yusuf Rahman, MA. mengatakan, acara ini merupakan orientasi mahasiswa yang diadakan pertama kali oleh FU untuk program magister. Biasanya kegiatan orientasi hanya digelar untuk program strata satu.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang kita lakukan untuk program magister di FU. sebelum ini, belum pernah ada orientasi untuk mahasiswa magister, adanya untuk program S1,” ungkapnya ketika memberi sambutan.

Dekan berharap mahasiswa program magister dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Kurikulum program magister, lanjutnya, sudah dirancang agar mahasiswa mampu menyelesaikan studi selama empat semester. Perkuliahan ditawarkan hingga semester tiga dan di semester empat mahasiswa bisa fokus pada penelitian tesisnya. Selain itu, di semester satu mereka telah ditawarkan mata kuliah metodologi penelitian sehingga di akhir semester satu mereka sudah bisa mengajukan proposal tesis.

“Harapan nya, selama ini untuk pasca sarjana banyak yang tidak bisa selesai tepat waktu, untuk di sini 4 semester. Sebenarnya dari sudut kurikulum sangat memungkinkan untuk selesai 4 semester,” katanya.

Mengamini perkataan Dekan FU, Wakil Dekan I FU Kusmana, MA. Ph.D., menyarankan mahasiswa agar menerapkan dua hal jika ingin lulus tepat waktu. Pertama, disiplin membaca dan kedua membuat strategi penyelesaian studi.

“Maka langkah pertama ada di diri anda sendiri. Bangunlah sikap kemandirian dan rasa ingin tahu yang besar. Disiplinkan anda baca setiap hari baca 50 halaman, dan membuat jurnal harian. Untuk percepatan studi, maka kemudian langkah kedua adalah strategi penyelesaian studi,” katanya.

Program Magister FU dibuka pada tahun 2012 berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) nomor 1424 tahun 2012 tentang Pendirian Program Pascasarjana pada Fakultas Ushuluddin: (1) Filsafat Agama, (2) Tafsir Hadis, (3) Perbandingan Agama, kini (Studi Agama-agama). Kemudian pada tahun 2018 terjadi penyesuaian nomenklatur program studi berdasarkan Keputusan Dirjen Pendis Kemenag RI nomor 1865 tahun 2018 tentang Penyesuaian Nomenklatur Program Studi pada Program Pascasarjana Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (1) Studi Agama-agama, (2) Aqidah dan Filsafat Islam, (3) Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.

Dr. Bustamin, S.E., M.M., mengatakan register kegiatan mahasiswa, baik akademik maupun keuangan semuanya dilakukan secara online.

“Registrasi sekarang sudah online dan tidak ada lagi secara manual. Tolong sering liat pengumuman. Mungkin pengumuman tidak di mading, tapi nanti akan ada website. Kalo lewat sudah tidak bisa lagi nanti,” paparnya.

Jumlah mahasiwa magister FU sebanyak 51 orang terdiri dari 41 mahasiswa Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafisr, 5 mahasiswa Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, dan 5 mahasiswa Prodi Studi Agama-agama.

 

(yud/zham)