Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Magister Aqidah dan Filsafat Islam

Fakultas Ushuluddin – Setelah menunggu cukup lama, Program Studi Magister  Aqidah dan Filsafat Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akhirnya diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Asesmen lapangan akreditasi dilakukan pada Senin (15/07/2019) oleh dua asesor BAN-PT, Dr. Syaifan Nur, MA (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) dari (Universitas Gadjah Mada), Dr. Arqom Kuswanjono.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Yusuf Rahman, MA seusai acara pembukaan asesmen mengatakan, proses reakreditasi Prodi Magister Aqidah dan Filsafat Islam optimis akan berhasil dengan baik. Sebab, pihaknya sudah menyiapkan seluruh instrumen borang akreditasi sesuai standar penilaian BAN-PT.

Bahkan sebelum dilakukan visitasi, kata Dr. Yusuf Rahman, MA, terlebih dahulu diadakan simulasi secara kronologis terhadap semua komponen yang akan dinilai, termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tim asesor.

“Kami yakin dan optimis bahwa asesmen lapangan dalam proses reakreditasi ini berjalan sesuai harapan,” ujarnya.

Dalam jadwal asesmen yang dimulai pada Senin, 15 Juli 2019, agenda pertama tim asesor adalah dialog dengan pimpinan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah itu tim asesor mengajukan berbagai pertanyaan terhadap seluruh unsur terkait, seperti dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Proses akreditasi tersebut digelar di ruang pertemuan.

Agenda berikutnya adalah mengadakan visitasi lapangan dengan mengunjungi sejumlah fasilitas serta sarana dan prasana kegiatan akademik yang tersedia di Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Seusai asesmen lapangan, tim asesor lalu mengadakan pertemuan secara internal dan tertutup guna membahas hasil sementara asesmen.

Seperti diketahui, akreditasi Prodi Magister Aqidah dan Filsafat Islam akan habis habis masa berlakukanya pada 08 Agustus 2019. Prodi ini sebelumnya telah memperoleh akreditasi dengan peringkat B dari BAN-PT berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 276/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2014 tertanggal 09 Agustus 2014 dengan Nomor Sertifikat 0021442. Masa akreditasi berlaku selama lima tahun mulai 09 Agustus 2014 hingga 08 Agutus 2019.

Prodi Magister Aqidah dan Filsafat Islam yang dibuka tahun 2012 itu pertama kali dikareditasi BAN-PT tahun 2014 dan memperoleh peringkat B berdasarkan Keputusan 276/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2014 tertanggal 09 Agustus 2019. Tahun ini, Prodi Magister Aqidah dan Filsafat Islam kembali diakreditasi kedua dan semoga mendapat hasil terbaik.

“Mudah-mudahan hasil reakreditasi yang digelar tahun ini  memperoleh nilai A dari BAN-PT,” kata Dr. Yusuf Rahman, MA

Hadir pada pembukaan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Zulkifli, M.A Ketua LPM Asep Saepudin Jahar, M.A, serta sejumlah Guru Besar dan dosen Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (zham)