REAKREDITASI: PRODI MAGISTER AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM MERAIH PREDIKAT A

Alhamdulillah, Program Magister (S2) Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin (FU) Univeristas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil mendapatkan nilai akreditasi A (unggul) yang tertuang dalalam  SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  No. 2793/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2019. SK dan sertifikat akreditasi ini berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 30 Juli 2019 sampai dengan tanggal 30 Juli 2024 .

“Kita bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas perolehan akreditasi A. Ini berkat kerja keras, usaha, soliditas dari sivitas akademika dan voluntir, Fakultas Ushuluddin sehingga prodi Magister AFI bisa meraih nilai unggul dari BAN-PT,” ujar Dekan FU, Dr. Yusuf Rahman, MA (05/08/2019).

Dekan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan universitas, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, pimpinan organisasi kemahasiswaan, tim akreditasi Prodi Magister AFI, pihak keamanan dan kebersihan serta semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan asesemen lapangan akreditasi sehingga berhasil mendapatkan nilai A.

Sebagai informasi asesmen lapangan akreditasi program magister Prodi Aqidah dan Filsafat Islam dilakukan oleh asesor BAN-PT Bapak Dr. Syaifan Nur, MA (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Bapak Dr. Arqom Kuswanjono (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) pada tanggal 14-16 Juli 2019.

Dalam sambutannya, Asesor Dr. Syaifan Nur, MA menjelaskan, apapun hasil akreditasi merupakan hasil karya bersama. “Tentu hasilnya harus dipertanggungjawabkan kepada publik,” tegas Syaifan, seraya menyarankan bahwa prodi Magister AFI harus dikelola secara baik agar benar-benar unggul dan kompetitif selaras dengan visi misi yang sudah ditetapkan.

Pak Dekan berharap “[d]engan telah terbitnya SK Akdreditasi program magister AFI dengan predikat unggul ini dapat diikuti oleh program S2 Studi Agama-agama (SAA) dan S2 Ilmu Al-Qur’an dabn Tafsir (AFI) serta S1 prodi Ilmu Tasawuf (IT) yang sedang menunggu jadwal visitasi”. Selanjutnya berharap hasil akreditasi dapat membawa berkah bagi keluarga besar Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dan, dapat terus meningkatkan kepercayaan publik baik nasional dan internasional. (zham)